Perbedaan FReon R22, R32 dan R410A

Hallo bagi kalian yang masih bingung tentang jenis freon yuk simak artikel kami.

    Perbedaan Freoan R22, R32, dan R410 dilihat dari fungsinya. Seperti peraturan pemerintah melewati Departement Perindustrian dan Perdagangan (41/M-IND/PER/5/2014) kemudian (40/M-DAG/PER/7/2014) dan (55/M-DAG/PER/9/2014) bahwa pada tahun 2015 akan mulai dilegalkan implementasi HPMP (HCFC atau Hidroklorofluorokarbon Phase-Out Management Plan). Pada aturan hal yang demikian juga dituliskan untuk peniadaan HCFC-22 atau lebih diketahun dengan Freon R22 pada sektor refrigerasi, Air Conditioner. Persyaratan dan ketetapan Impor BPO (Bahan Perusak Ozone) dan larangan impor produk yang mengandung Refrigerant R22.

    Jadi berdasarkan bahasa lazimnya, perbedaan Freon R22, R32 dan R410 segala pabrikan AC di Indonesia DILARANG memproduksi, mengimport maupun memasarkan produk AC yang masih menerapkan Refrigerant atau Freon R22 mulai januari 2015. Tapi pihak dealer atau warung Ac masih boleh memasarkan segala stok produk mereka hingga habis. Walaupun untuk kebutuhan service dan spare part Freon R22 masih diboleh pakai hangga tahun 2030, dimana pada tahun hal yang demikian pemerintah memastikan peniadaan R22 dari Indonesia.

    Hingga tahun 2014 kemarin, AC yang beredar di Indonesia mengaplikasikan 2 variasi Refrigerant ialah R22 dan R410A. Freon R22 umumnya diaplikasikan di suluruh lini AC Non-Inverter, sedangkan Freon R410A diterapkan di jenis AC Inverter. Selain Daikin yang mempunyai Inverter 2 macam Freon hal yang demikian.

    Nah mulai  2015 ini pabrikan AC akan mengaplikasikan 3 tipe freon ialah Freon R32, R410A dan R290

    Freon R32 ditemukan oleh Daikin Jepang pada tahun 2012, mulai dipakai di line up AC mereka mulai tahun 2013. Jadi segala pabrikan AC Jepang lain yang mengaplikasikan Freon R32 cuma me-lisensi dari Daikin. Teknologi Inverter bahkan sebenarnya ditemukan oleh Daikin dan di-lisensi supaya bisa diaplikasikan ke segala merk AC di dunia.

    Untuk produk AC Panasonic dan Daikin mulai tahun 2015 menerapkan produk Freon R32 dan R410A untul line up produk mereka. Untuk brand Korea mereka akan menerapkan line up Full R410A ( masih dalam tahap penganalisaan ).

    Perbedaan masing-masing freon itu apa ya??? Mari kita bahas satu persatu:


Perbedaan Tipe Freon di indonesia

    Dari tabel diatas kita akan bahas satu persatu:
  1. ODP yaitu Ozone Deplition Potential alias Potensi Perusakan Ozone.
  2. GWP yaitu Global Warming Potential alias Potensi Pemanasan Global.
  3. Cooling Index merupakan angka index dingin yang aku telah kerap kali jabarkan disebagaian tulisan lain dilaman kami.
  4. Flammability ialah tingkat gampang terbakar freonnya.
Dari analisa diatas kita dapat mengamati sebagai berikut:

    Freon R32 lebih ramah lingkungan dibanding R410A sekalipun mempunyai sebab mempunyai GWP yang lebih rendah dibanding R22 dan R410A, freon R32 mempunyai angka index dingin yang Jauh lebih tinggi pun dari R22, jadi tak kan ada lagi komplin bahwa pakek AC Inverter jadi lebih tak dingin. Freon R32 memang mempunyai potensi gampang terbakar yang lebih tinggi dari R22 dan R410A melainkan jangan takut sebab tak bisa membikin AC meledak malahan saat rumah anda kebakaran. Freon R290 sebetulnya ialah yang palin hijau, tapi angka Index dingin yang cukup rendah dan tingkat gampang terbakar yang cukup tinggi bagus Daikin atau Panasonic mempertimbangkan untuk tak mengaplikasikan.

    Jadi sesudah memandang penjelasan diatas, harusnya anda tak perlu meragukan lagi untuk memilih mengaplikasikan AC yang mengaplikasikan Freon R32 maupun R410A layak regulasi pemerintah. Seandainya ditanya mana yang lebih baik, dengan berani saya katakan Freon R32. Perbedaan Freo R32, R32 dan R410A dari Warna Tabung. Fron yang beredar di Indonesia ada 3 warna, yakni:

  • Freon yang berwarna Hijau yaitu tabung Freon R22
  • Yang berwarna Pink atau Merah Muda yaitu tabung Freon R410A
  • Sedangkan tabung Freon R32 akan berwarna Hijau.
    Jadi jangan sampek keliru ya, sebab sekiranya AC anda diisi oleh Freon yang tak harus, Kompresor AC pasti akan jebol. Sama seperti dengan kendaraan beroda empat Diesel anda yang tiba-tiba diisi Premium, pasti bakal jebol mesinnya. Kemudian dengan banyak Merk Freon yang beredar. Kami tekankan bahwa Freon R32 yang kami pakai merupakan Merk Daikin Made In Jepang, jadi kualitasnya tak perlu diragukan lagi. Kami telah menemukan Merk Freon KW1 dengan Merk PURE yang harganya jauh lebih murah dari Freon R32 Merk Daikin. Dan hati-hati ya dengan penerapannya sebab kemurnian Freon R32 kemungkinan besar dibawah Orsinil Merk Daikin. Gambar tabungnya ada seperti gambar diatas untuk Merk Daikin.

    Untuk AC Panasonic sendiri yang diproduksi di Indonesia adalah jenis Standard 1/2 hingga 1PK, Alowa dan Alowa Ion akan mengaplikasikan Freon R32. Untuk yang diproduksi di Malaysia khusus jenis Inverter yang memakai Freon R410A. Seluruh macam lain seperti jenis Standard mulai 1.5 hingga 2.5PK dan ragam Envio telah memakai Freon R32 juga.
Untuk AC Daikin jenis Urusara 7, European Design, Hi-Inverter, Inverter Smile dan Deluxe akan memakai Freon R32. Walaupun untuk macam Standard Thailand dan Standard China akan memakai Freon R410A. Kunjungilah halaman jenis AC Daikin kami untuk memandang dengan terang seluruh line up AC Daikin yang menerapkan Freon R32 ataupun Freon R410A. 
    untuk Anda yang sudah memiliki Ac namun belum mengetahui jenis freonnya Anda bisa melihat dibagian ini


    Terima kasih telah membaca artikel Perbedaan Freon R22, R32 dan R410 singkat ini. Semoga dengan adanya artikel ini, para pelanggan dan calon pelanggan kami akan lebih paham mengenai Perbedaan Freon R22, R32 dan R410. Silakan konsultasikan dengan tim kami.


Comments

Popular posts from this blog

5 Hal Yang Harus Dilakukan Agar AC Awet Bertahun-tahun

CV. JOYO BAMBANG (SERVICE AC SURABAYA)

Bongkar Pasang AC Surabaya Utara